Langsung ke konten utama

Faktor utama penyebab PC lambat.


Komputer yang lambat biasanya disebabkan oleh faktor internal komputer itu sendiri seperti :
• Prosesor yang kecepatan prosesnya kecil.
• RAM yang kapasitasnya kecil
• Harddisknya ada bad sector.
Nah, gimana jika komputer anda memiliki spesifikasi yang besar namun masih juga lambat?
Mungkin faktor penyebabnya antara lain :
• Harddisk komputer/laptop yang sudah full atau jarang melakukan perawatan harddisk seperti : clean up, disk defragment.
• Komputer/laptop menjalankan terlalu banyak program sehingga memperlambat kerja prosesor.
• Aplikasi yang terinstall di komputer memerlukan alokasi RAM yang cukup besar seperti : game, video editing.
• Adanya virus dalam di komputer.
Nah kalo sudah begitu keadaannya apa yang harus anda lakukan? Bingung? Sama (tapi, itu dulu, hehe) Kalau anda masih bingung, kali ini saya akan memberikan tips-tips yang telah saya dapatkan melalui pengalaman saya dan telah terbukti berhasil.
• Untuk Harddisk komputer/laptop yang sudah full : Seperti yang telah saya katakan diatas jika harddisk anda full, sebaiknya anda melakukan backup data yang jarang anda akses. Back up bisa anda buat menggunakan DVD-rom (tentunya yang masih kosong ) karena selain harga yang murah kapasitas DVD juga lumayan besar untuk penyimpanan data. Dan kalau anda punya uang lebih, anda bisa tambah harddisk anda dengan cara membeli harddisk yang kapasitasnya lebih besar. Jika anda sudah membuat backup nya anda bisa menghapus file yang ada di dalam komputer anda dan dengan begitu harddisk bisa lebih ringan dalam menanggung “beban” nya, hehe.
• Harddisk yang tidak pernah didefrag. Lakukan defrag secara berkala, mungkin sebulan atau dua bulan sekali, jangan terlalu sering ya di defragnya. Defrag ini bertujuan untuk mengatur/menyusun file-file yang “berhamburan” di harddisk.
• Komputer menjalankan program yang terlalu banyak, solusinya kurangi menjalankan program yang tidak perlu dan kurangi menginstall program antivirus yang lebih dari satu, itu juga bisa menyebabkan komputer lambat bahkan bisa-bisa loading komputer menjadi lambat. Anda bisa menggunakan satu antivirus yang menurut anda handal.
• Aplikasi yang terinstall di komputer memerlukan alokasi RAM yang besar : Ini biasanya kita temui pada game-game pc, faktor yang menyebabkan game lambat/bahkan macet adalah tidak hanya RAM yang kecil, kemungkinan itu ada sangkut pautnya dengan VGA card anda. Untuk game yang memiliki grafik yang tinggi biasanya game tersebut memerlukan kapasitas RAM, Harddisk, Processor, dan VGA card yang tinggi juga. Kalo diantara salah satu komponen diatas ada yang masih standar, ya wajar saja kalo game anda macet, hehehe. Solusinya tambah saja VGA card anda dengan kapasitas yang lebih besar. Atau kalo RAM anda itu lebih dari 1 GB, anda bisa shared ke VGA lewat BIOS. Nah, untuk masalah RAM anda bisa menaikkan virtual memory untuk membantu RAM. Pengaturan ini bisa anda lakukan melalui menu My Computer > Properties > Advanced > Performance, klik Settings lalu pilih Advanced > Virtual Memory > klik Change > Setting lebih besar dari sebelumnya lalu klik Set dan OK! Restart komputer anda.
• Untuk masalah virus yang ada dikomputer anda, anda bisa update antivirus anda dan lakukan scan pada harddisk anda.

Komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Tampilan Tema Ubuntu 12.04

Di post sebelumnya saya sudah memosting cara instalasi Ubuntu 12.04, di post kali ini, saya akan memosting cara mengubah tampilannya. Mari mengubah tampilan Desktop bagi Ubuntu anda, caranya mengganti Unity dengan beberapa desktop berikut: Buka terminal dulu ya, baru ikuti perintah yg tertera dibawah. Openbox Desktop yang sangat ringan, mungkin anda tidak suka macam-macam dan menyukai yang simple, tampilan ini mungkin cocok buat anda. sudo apt-get update; sudo apt-get install openbox; sudo reboot Fluxbox Ini juga termasuk desktop yg ringan. Sudo apt-get update;  sudo apt-get install fluxbox; sudo reboot LXDE Cukup ringan untuk netbook. Sudo apt-get update;  sudo apt-get install lxde; sudo reboot XFCE Juga digunakan untuk cabang distro Ubuntu, yaitu Xubuntu Sudo apt-get update;  sudo apt-get install xfce4; sudo reboot KDE Jika ingin menghemat jatah kuota, lebi...

Menginstall Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin)

Nih, bagi yg ingin menginstall Ubuntu 12.04, saya baru menginstallnya di komputer saya, dan saya ingin berbagi cara instalasinya, Silahkan disimak. 1. Masukkan CD/DVD Installer Ubuntu 12.04 LTS ke DVD room, kemudian Restart jika berada dalam sistem operasi yang aktif dan Jangan lupa setting BIOSnya agar booting dari CD/DVD. 2.Nah, ini tampilan awal saat memulai instalasi ubuntu. 3. Ada 2 pilihan disitu, yaitu Try Ubuntu : yaitu jika anda ingin mencoba ubuntu dari DVD Ubuntu yg anda masukkkan tadi (Live DVD) dan Install Ubuntu : yaitu pilihan untuk menginstall Ubuntu di Komputer anda. Jika ingin langsung menginstall tekan tombol Install Ubuntu . 4. Selanjutnya Pada Gambar dia atas "Preparing to install ubuntu" untuk  Download Update While Installing dan Install third party software bisa dicentang ataupun tidak, tergantung keinginan anda. Tapi, jika tidak ingin instalasi berjalan lama, lebih baik tidak usah dicentang. Jadi langsung klik Continue untuk melanjut...

Menyembunyikan Partisi HardDisk dengan Disk Part

Karena alasan tertentu suatu saat kita mungkin harus menyembunyikan drive (C,D,E,..)yang ada di komputer kita. Berikut ini adalah dua cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan atau menghilangkan drive dari tampilan windows kita tanpa melalui regedit(registry editor) dan tanpa menggunakan software tambahan. Ikuti cara berikut: 1. Klik Start –> Run –> ketik cmd –> klik OK 2. Ketik diskpart –> tekan enter, akan muncul jendela seperti dibawah. 3. Ketik list volume –> tekan enter (untuk melihat list drive yang ada di komputer/laptop anda) Tentukan Drive yang akan disembunyikan, misalnya disini kita akan menyembunyikan drive D:\ 4. ketik select volume 3 –> tekan Enter 5. ketik remove letter D –> tekan Enter ketik exit untuk keluar dari diskpart. (untuk melihat hasilnya cek di my computer, mungkin butuh di restart jika diminta seperti itu). Mengembalikan atau menampilkan kembali drive yang disembunyikan, lakukan hal yang sama da...